28 June 2007

Resensi Buku-11 : THEOLOGIA ABU-ABU, PLURALISME AGAMA (Pdt. DR. STEVRI INDRA LUMINTANG)

...Dapatkan Segera...

Buku
THEOLOGIA ABU-ABU, PLURALISME AGAMA (EDISI REVISI)
Tantangan dan Ancaman Racun Pluralisme Dalam Teologi Kristen Masa Kini


oleh : Pdt. Stevri Indra Lumintang, M.Th., D.Min., Th.D. (Cand.)

Penerbit : Gandum Mas, Malang (2004)

Prakata :

Prof. Joseph Tong, Ph.D. (President of International Theological Seminary, Los Angeles, USA)

Teologi Abu-abu adalah posisi teologi kaum pluralis. Karena teologi yang mereka bangun merupakan integrasi dari pelbagai warna kebenaran dari semua agama, filsafat dan budaya yang ada di dunia. Alkitab dipakai hanya sebagai salah satu sumber, itupun dianggap sebagai mitos. Dari perpaduan multi kebenaran ini, lahirlah teologi abu-abu, yaitu teologi bukan hitam, bukan juga putih, bukan teologi Kristen, bukan juga teologi salah satu agama yang ada di dunia ini. Inilah teologi abu-abu yang dengan bangga ditawarkan oleh kaum pluralis, sebagai teologi yang sempurna dan sangat tepat untuk menjawab persoalan fenomena pluralitas agama dan budaya di dunia. Namun teologi ini sedang meracuni, baik agama Kristen, maupun semua agama, dengan cara mencabut dan membuang semua unsur-unsur absolut yang diklaim oleh masing-masing agama. Kaum pluralis sedang bermimpi untuk mengulangi keindahan taman Eden, dan membangun kembali menara Babel (Utopia), namun sayang teologi mereka yang abu-abu tersebut hancur bersama hancurnya menara Babel.







Profil Pdt. Dr. Stevri I. Lumintang :
Pdt. Dr. Stevri Indra Lumintang dilahirkan di Kanonang, Minahasa, Sulawesi Utara tahun 1965, anak ketiga dari empat bersaudara dalam pernikahan Bapak Herny Lumintang dengan Ibu Sherly Paendong. Pada tahun 1991, beliau menikah dengan Danik Astuti, M.Div. dan dikaruniai tiga orang putri yang bernama : Shendy Carolina Lumintang, Sheren Angelina Lumintang, Sheline Feranda Lumintang.

Pada tahun 1999, beliau ditahbiskan sebagai pendeta di Gereja Keesaan Injil Indonesia, anggota PGI dan melayani sebagai dosen bidang theologia sistematika, theologia reformasi, apologetika dan filsafat dan Institut Injil Indonesia, baik program Sarjana maupun Pascasarjana. Beliau juga mengajar di beberapa Sekolah Tinggi Theologia di Indonesia.

Beliau menyeleesaikan studi theologia dengan gelar Sarjana Theologia (S.Th.) pada tahun 1991 di Institut Injil Indonesia, Batu. Pada tahun 1996, beliau menyelesaikan studi program S-2 dengan gelar Master of Divinity (M.Div.) di Institut yang sama. Pada tahun 1999, beliau menyelesaikan Master of Theology (M.Th.) in Systematic Studies di International Theological Seminary, Los Angeles, USA. Pada tahun 2003, beliau menyelesaikan studi doktoral di ITS Los Angeles, USA dengan mempertahankan disertasi yang berjudul, “A Study of the Doctrine of Divine Sovereignty in Reformed Perspective and Spiritual Formation of Evangelical Semianry Students in Indonesia,” dengan gelar Doctor of Ministry (D.Min.). Sejak tahun 2001, beliau juga memulai program Doctor of Theology in Mission (Th.D.) di Consortium for Graduate Program in Christian Studies (CCS) dan sekarang sedang dalam tahap tutorial penulisan disertasi (tahun 2004).

No comments: