18 May 2007

Resensi Buku-6 : THE FIVE POINTS OF CALVINISM (LIMA POKOK CALVINISME) oleh : Rev. Prof. Edwin H. Palmer, Th.D., D.D.

...Dapatkan Segera...
Buku
THE FIVE POINTS OF CALVINISM (Lima Pokok Calvinisme)

oleh : Rev. Prof. EDWIN H. PALMER, Th.D., D.D. (HC)

Penerbit : Momentum Christian Literature (Fine Book Selection) 2005

Penerjemah : Elsye.







TULIP sudah begitu terkenal sebagai akronim untuk lima pokok ajaran Calvinisme berkenaan dengan keselamatan manusia, ajaran yang masih mengundang perdebatan dari pihak-pihak yang tidak memiliki pemahaman yang komprehensif akan kebenaran ajaran Alkitab tentang kedaulatan anugerah Allah dalam keselamatan manusia.

Dalam buku ini, Dr. Palmer menguraikan dengan bahasa yang mudah dimengerti, tetapi sama sekali tidak mengurangi keagungan dari kebenaran yang Alkitabiah tentang :
Total Depravity (Kerusakan Total)
Unconditional Election (Pemilihan Tanpa Syarat)
Limited Atonement (Penebusan Terbatas)
Irresistible Grace (Anugerah yang Tidak Dapat Ditolak)
Perseverance of the Saints (Ketekunan Orang-orang Kudus)

Membangun di atas uraian Firman Allah, Palmer kembali menunjukkan keunggulan doktrin Reformed serta menjawab serangan-serangan yang dengan mengatasnamakan Alkitab ditujukan kepada doktrin Reformed ; melalui analisis yang tajam dia menunjukkan bahwa semua serangan itu justru berlawanan dengan ajaran Alkitab.

Buku ini menyajikan kebenaran yang membuatkan setiap orang percaya menjadi rendah hati dan mendorongnya untuk bersyukur kepada Allah atas kehendak-Nya yang tak terukur, dan memuliakan nama-Nya. Lima Pokok Calvinisme adalah salah satu batu pijakan dalam langkah iman menuju kematangan. Dengan bagian pendalaman di akhir masing-masing bab, setiap pembaca dituntun untuk menemukan dan mengalami sendiri kedalaman kebenaran Firman dan keajaiban anugerah Allah.







Profil Dr. Edwin H. Palmer :
Rev. Prof. Edwin H. Palmer, Th.D., D.D. (HC) yang lahir pada tanggal 29 Juni 1922 dan bersekolah di Quincy, Massachusetts, adalah Direktur Pelaksana untuk penerjemahan Alkitab New International Version (NIV) dan Editor Umum untuk NIV Study Bible yang merupakan penuntun studi Alkitab terbaik dan terlaris. Beliau melayani sebagai Gembala di Christian Reformed Churches di Spring Lake, Ann Arbor, dan Grand Rapids serta menjabat sebagai pengajar dalam bidang Theologia Sistematika di Westminster Theological Seminary.
Beliau lulus dengan gelar Bachelor of Arts (A.B.) dari Harvard College pada tahun 1940, lalu meraih gelar Bachelor of Theology (Th.B.) dari Westminster Theological Seminary pada tahun 1949 dan Doctor of Theology (Th.D.) dari The Free University of Amsterdam pada tahun 1953. Pada tahun 1977, beliau mendapatkan gelar kehormatan Doctor of Divinity (D.D.) dari Houghton College. Beliau meninggal pada tahun 1980.

No comments: