29 May 2007

Resensi Buku-8 : FOUNDATIONS OF CHRISTIAN EDUCATION (Prof. DR. LOUIS BERKHOF dan Prof. CORNELIUS VAN TIL, Ph.D.)

...Dapatkan segera...
Buku
FOUNDATIONS OF CHRISTIAN EDUCATION
(Dasar Pendidikan Kristen)


oleh : Prof. DR. LOUIS BERKHOF dan Rev. Prof. CORNELIUS VAN TIL, Ph.D.

Penerbit : Momentum Christian Literature (Fine Book Selection) 2005

Penerjemah : Tim Penerjemah (Editor : Ev. R. B. G. Steve Hendra, S.T., M.Div.).







Buku ini menyuarakan kembali suara kenabian dari dua pendidik yang sangat berkompeten untuk menjelaskan isu-isu mendasar tentnag sekolah Kristen.

Dalam kata pengantarnya, editor Dennis E. Johnson menuliskan, “Beberapa orangtua menempatkan anak-anak mereka di sekolah Kristen dengan harapan mereka terhindar dari cobaan-cobaan dunia yang semakin nyata : narkotika, seks di luar nikah yang menyebabkan meluasnya kehamilan remaja dan penyakit yang mematikan, kekejaman dan tindak kriminal lainnya. Tetapi Van Til dan Berkhof menjelaskan kepada kita dasar pertimbangan yang lebih mendalam bagi sekolah Kristen, dasar pertimbangan yang menyentuh akar permasalahannya. Tujuan sekolah Kristen bukan untuk menyelesaikan simtom-simtom di permukaan tetapi untuk menghadapi sumber infeksi yang menyerang sistem pendidikan dari dalam seperti juga menyerang masyarakat kita secara umum.”

Dalam buku ini, Prof. Cornelius Van Til, Ph.D. yang dikenal luas sebagai profesor apologetika di Westminster Theological Seminary, menantang pemikiran non-Kristen para presuposisinya. Prof. Dr. Louis Berkhof, yang dikenal luas sebagai theolog sistematika dan mantna presiden Calvin Theological Seminary, dengan gamblang melabuhkan tugas pendidikan Kristen ke dalam kebenaran-kebenaran utama iman Kristen. Penerbitan ulang esai-esai ini, yang mula-mula ditujukan untuk National Union of Christian Schools lebih dari setengah abad yang lalu, dapat dianggap sebagai permintaan terakhir Dr. Van Til sebelum kematiannya pada tahun 1987. Perhatiannya yang sangat mendalam bagi pendidikan Kristen dan perhatian Dr. Berkhof, yang meninggal pada tahun 1957, tertangkap dalam diskusi mengenai pergumulan rohani yang meliputi pikiran anak-anak zaman sekarang — dan pemimpin-pemimpin di masa depan.








Profil Dr. Louis Berkhof dan Dr. Cornelius Van Til :
Prof. Dr. Louis Berkhof lahir di Emmen, Drenthe, the Netherlands dan beliau kemudian beremigrasi dengan keluarganya ke Grand Rapids, Michigan pada tahun 1882. Beliau lulus dari Calvin Theological Seminary pada tahun 1900 dan menerima panggilan untuk menjadi seorang pendeta di Allendale, Michigan First Christian Reformed Church. Pada tahun 1902, beliau menempuh pendidikan di Princeton University selama 2 tahun mendapatkan gelar Bachelor of Divinity (B.D.). Kemudian beliau menerima jabatan pendeta di Oakdale Park Church di Grand Rapids.
Pada tahun 1906, beliau ditunjuk menjadi staf pengajar di Calvin Theological Seminary. Beliau adalah seorang guru yang berbakat dan penulis yang rajin, di antara keduapuluhdua bukunya adalah Theologia Sistematika, yang telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa. Pada tahun 1900, Berkhof menikah dengan Reka Dijkhuis (meninggal tahun 1928) dan memiliki empat orang anak, yaitu : Grace Meyer, William, Jean Stuk, dan John. Kemudian, beliau menikah dengan Dena Heyns-Joldersma (meninggal tahun 1984), yang mempunyai 2 orang anak perempuan, Joanne Heyns De Jong dan Wilma Heyns Brouwer.

Rev. Prof. Cornelius Van Til, Ph.D. (3 Mei 1895 – 17 April 1987) yang lahir di Grootegast, Belanda, adalah seorang filsuf Kristen, theolog Reformed dan presuppositional apologist. Pada usia 10 tahun, beliau pindah bersama keluarganya ke Highland, Indiana. Keluarga Van Til menjadi anggota Gereja Kristen Reformed (Christian Reformed Church), dan Cornelius bersekolah di sekolah yang berhubungan dengan denominasi ini, the Calvin Preparatory School, Calvin College dan (selama satu tahun) Calvin Theological Seminary, semuanya di Grand Rapids, Michigan. Beliau beralih ke Princeton Theological Seminary untuk menyelesaikan pendidikan theologianya dan meraih gelar Master of Theology (Th.M.) di tempat ini pada tahun 1925. Secara bersamaan, beliau belajar filsafat di Princeton University dan menyelesaikan gelar Doctor of Philosophy (Ph.D.) pada tahun 1927. Disertasinya berjudul “God and the Absolute,” membandingkan pandangan theologia Reformed tentang Allah dengan kemutlakan akan filsafat Idealisme. Pada bulan September, 1925, Van Til menikah dengan Rena Klooster dan memiliki seorang anak laki-laki, Earl. Rena meninggal pada tahun 1978.
Van Til menggembalakan sebuah gereja Kristen Reformed (Christian Reformed church) di Spring Lake, Michigan, mengambil cuti untuk mengajar apologetika di Princeton Seminary selama tahun ajaran 1928-1929. Pihak seminari menawarkan beliau menjadi ketua jurusan Apologetika pada akhir tahun tersebut, tetapi beliau menolak tawaran itu dan kembali ke Spring Lake. Beliau sungguh-sungguh cenderung tetap di dalam penggembalaan, dan beliau tidak ingin untuk bekerja sama dalam penyusunan kembali seminari yang diamanatkan oleh General Assembly of the Presbyterian Church, U.S.A.

No comments: