11 October 2007

INSTITUT REFORMED, Jakarta

INSTITUT REFORMED
Reformed Institute for Christianity and 21st Century





Kampus dan Sekretariat :
Kompleks Ruko Prima Sunter Blok B-C,
Jalan Danau Sunter Utara, Jakarta Utara 14350
Telp : (021) 6513815 ; Fax : (021) 6513463
e-mail : institute.reformed@gmail.com





Deklarasi Visi dan Misi

oleh : Pdt. DR. STEPHEN TONG


Di permulaan abad ini, kita menghadapi suatu momen sejarah yang bersifat paradoks dan ditandai dengan krisis perubahan. Pengujian ketat atas ideologi warisan abad ke-19 mengakibatkan semakin lunturnya kepercayaan manusia akan positivisme keilmuwan, evolusi komunisme, maupun eksistensialisme. Seiring dengan kevakuman dan ketidakpastian abad ini, kebudayaan timur mulai mengalami kekeringan tradisi feodalisme dan kegoncangan aksiologi moralitas kunonya. Mereka mulai terbangun dari ketahyulan optimisme Marxisme. Memasuki era modernisasi, kebangunan spiritual ternyata tidak siap mengimbangi kebangkitan ekonomi yang drastis. Selain itu arus demokratisasi dan daya tarik teknologi barat bagi kaum intelektual semakin menambah kerumitan momen sejarah abad ini.

Sejak abad Pencerahan, theologia barat telah turut dicemari oleh semangat kepercayaan humanisme. Mereka menolak kedudukan wahyu dan metafisika, dan menaklukkan diri pada rasio dan sifat hati manusia yang berdosa.

Kepercayaan sedemikian mengalihkan fokus iman Kristen hanya kepada teladan moral Kristus dengan membuang keilahian-Nya. Mereka juga mewarisi metodologi yang didasarkan atas evolusi historis yang mengurung diri dalam relativisme dan membawa kepada jalan buntu tanpa kuasa penebusan Kristus. Keadaan ini semakin melumpuhkan keKristenan untuk menangkis serangan dan tantangan arus dunia ini. Meskipun kaum Injili pernah menyatakan kesetiaannya dan membentuk gerakan yang tidak dapat diabaikan, namun semuanya itu segera diredupkan oleh doktrin yang dangkal dan arus sensasional gerakan Karismatik. Ketidakberdayaan ini semakin menjadi suatu fenomena global di akhir abad ke-20.

Mengamati seluruh gejala ini, kita dipanggil untuk menetapkan kembali kepercayaan yang teguh, akar iman yang berdasarkan wahyu Allah, theologia dan penginjilan yang setia pada Alkitab, dan semangat serta intisari apologetika ortodoks untuk mengarahkan, memimpin dan menilai kebudayaan. Kita tidak dapat mengelakkan diri dari panggilan ini.





Program Studi

Institut Reformed menyelenggarakan 5 program jenjang gelar, yaitu :
1. Sarjana Theologia (S.Th.)
Program ini disediakan bagi lulusan SMU/sederajat yang menerima panggilan Tuhan untuk melayani purna-waktu (full-time). Mahasiswa program ini diperlengkapi dengan dua dasar studi, yaitu Biblika dan Theologia. Selanjutnya, diarahkan dalam penekanan pada : Sistematika Theologia, Penggembalaan, Penginjilan, Hermeneutika dan Apologetika.

2. Master of Divinity (M.Div.)
Program ini disediakan bagi lulusan Sarjana umum (S-1) atau sederajat yang menerima panggilan Tuhan untuk melayani purna-waktu dan bagi lulusan Sarjana Theologia. Program ini dirancang sebagai studi lanjutan dan pendalaman.

3. Master of Christian Studies (M.C.S.)
Program ini disediakan bagi lulusan Sarjana umum (S-1) atau sederajat yang menerima panggilan Tuhan dalam pelayanan mandat budaya baik dalam gereja, pendidikan, maupun masyarakat. Program ini disediakan pula untuk lulusan Sarjana Theologia yang rindu mendalami pelayanan mandat budaya dalam keutuhannya dengan Amanat Agung.

4. Master of Art in Evangelism (M.A.Ev.)
Program ini disediakan untuk memperlengkapi setiap mahasiswa dengan pemahaman Iman yang benar sesuai dengan Theologia Reformed Injili serta pengetahuan yang luas meliputi aspek kebudayaan, filsafat, agama atau kepercayaan, strategi dan keterampilan yang relevan dan dinamis untuk menghadapi tantangan dalam pelayanan penginjilan secara pribadi maupun secara massal.

5. Sarjana Musik Gerejawi (S.Mus.G.)
Program ini disediakan bagi mereka yang terpanggil untuk mendalami musik gerejawi, diperlengkapi dengan studi musik, theologia Reformed, filsafat dan kebudayaan, yang diarahkan ke dalam pelayanan musik gereja dan masyarakat, yang terbagi dalam jurusan : piano, organ pipa dan keyboard, alat musik gesek, vokal dan dirigen.





Persyaratan Pendaftaran

Kami menyambut dan turut mendoakan kerinduan Anda untuk menjadi mahasiswa Institut Reformed. Langkah awal terpenting adalah Anda seorang yang telah bertobat dan menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat dan Tuhan bagi seluruh kehidupan. Selanjutnya Anda adalah seorang yang menyadari panggilan Tuhan untuk diperlengkapi bagi pelayanan sesuai dengan maksud dan pimpinan-Nya bagi Anda.

Langkah berikutnya, Anda memiliki kerinduan untuk diperlengkapi di Institut Reformed, Jakarta. Untuk itu Anda dapat mengisi formulir pendaftaran kemudian melengkapi persyaratan rekomendasi dan administrasi sebagaimana tercantum dalam formulir pendaftaran.

Jikalau Anda masih memiliki pertanyaan sebelum mengirimkan formulir pendaftaran, silahkan menghubungi :

Sekretariat Institut Reformed
Kompleks Ruko Prima Sunter Blok B-C
Jalan Danau Sunter Utara
e-mail :
institut.reformed@gmail.com

Jikalau Anda sudah mengirimkan formulir dengan lengkap, Anda akan segera diundang untuk mengikuti wawancara dan ujian masuk dalam pengetahuan Alkitab, pengetahuan umum dan kepribadian.





Ujian Masuk Mahasiswa Baru 2008 :

Gelombang I : Senin, 26 Mei 2008
Gelombang II : Senin, 14 Juli 2008





Pola Studi dan Fasilitas

Institut Reformed berada di tengah-tengah kota Jakarta yang memungkinkan terjadinya interaksi aktif antara mahasiswa dan pengajar dengan dinamika barometer kota metropolitan dan masyarakat urban.

Kesempatan ini menantang mahasiswa untuk membangun wawasan Kristen yang relevan dan berguna bagi bangsa dan negara serta menuntut komitmen belajar dan integritas kehidupan rohani. Untuk itu setiap mahasiswa dibimbing dan dituntut untuk menggumuli secara khusus beban panggilannya melalui interaksinya dengan para pengajar dan ladang pelayanan.

Sebagai wujud dari visi dan misi Reformed Injili, Institut Reformed mendorong setiap mahasiswa untuk mengembangkan studi secara utuh baik di dalam kelas, ladang pelayanan, kehidupan kampus, laboratorium komputer, perpustakaan (sampai saat ini tersedia 9.000 judul buku ditambah dengan jurnal), da tutorial.

Institut Reformed, Jakarta berkaitan langsung dengan Reformed Institute for Christianity and 21st Century yang diadakan di Amerika Serikat serta akan diadakan di beberapa kota besar Asia lainnya. Semuanya didirikan oleh Pdt. DR. STEPHEN TONG sebagai jawaban atas panggilan Tuhan di abad ke-21 ini.





INSTITUT REFORMED

didirikan oleh :
Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII)

bekerjasama dengan :

Reformed Institute for Christianity and 21st Century
USA
(Stephen Tong Evangelistic Ministries International)





Susunan Pengurus
(Rektor, Dekan Akademis, Tim Dekan dan Tim Dosen)

Rektor :
Pdt. Stephen Tong, B.Th., D.L.C.E.
(Pendiri dan Ketua Sinode GRII ; Bachelor of Theology—B.Th. dari Seminari Alkitab Asia Tenggara/SAAT Malang ; dan Honorary Doctor of Leadership in Christian Evangelism—D.L.C.E. dari La Madrid International Academy of Leadership, Filipina)


Dekan Akademis :
Pdt. Ir. Benyamin Fleming Intan, M.A., M.A.R., Ph.D.
(gembala sidang GRII Pondok Indah, Jakarta ; Master of Arts—M.A. in Theological Studies dari Reformed Theological Seminary, USA ; Master of Arts in Religion—M.A.R. dari Yale University, USA ; dan Doctor of Philosophy—Ph.D. in Social Ethics dari Boston College, USA)


Tim Dekan :
Pdt. Billy Kristanto, Dipl.Mus., M.C.S.
(Dekan Fakultas Musik ; gembala sidang MRII/PRII di Jerman ; sekolah musik di Belanda dan Jerman ; Master of Christian Studies—M.C.S. dari Institut Reformed, Jakarta)

Ev. Maria Q. Mazo, M.Div.
(Dekan Fakultas Penginjilan ; hamba Tuhan di GRII Karawaci, Jakarta ; Master of Divinity—M.Div. dari Asian Theological Seminary, Filipina)


Kepala Administrasi, Registrasi dan Kemahasiswaan :
Pdt. Liem Kok Han, S.Th.
(gembala sidang GRII Kelapa Gading, Jakarta ; Sarjana Theologia—S.Th. dari Seminari Alkitab Asia Tenggara/SAAT Malang)


Bidang Admissions :
Pdt. Sutjipto Subeno, S.Th., M.Div.
(gembala sidang GRII Andhika, Surabaya ; Sarjana Theologia dan Master of Divinity dari Sekolah Tinggi Theologia Reformed Injili Indonesia-STTRII, Jakarta)


Bidang Perpustakaan :
Ev. Hendra Wijaya, M.C.S.
(hamba Tuhan di GRII Singapore ; Master of Christian Studies—M.C.S. dari Institut Reformed, Jakarta)


Dosen Tetap :
1. Ev. Agus Marjanto Santoso, S.T., M.Div. (hamba Tuhan di GRII Karawaci, Jakarta ; Master of Divinity dari Sekolah Tinggi Theologia Reformed Injili Indonesia-STTRII, Jakarta)
2. Pdt. Aiter, M.Div. (Pendeta di GRII Pusat, Jakarta ; Master of Divinity dari Institut Reformed, Jakarta)
3. Pdt. Ir. Andi Halim, S.Th. (gembala sidang GRII Ngagel, Surabaya ; Sarjana Theologia dari Seminari Alkitab Asia Tenggara/SAAT Malang)
4. Pdt. Ir. Benyamin Fleming Intan, M.A., M.A.R., Ph.D. (Master of Arts—M.A. in Theological Studies dari Reformed Theological Seminary, USA ; Master of Arts in Religion—M.A.R. dari Yale University, USA ; dan Doctor of Philosophy—Ph.D. in Social Ethics dari Boston College, USA)
5. Pdt. Billy Kristanto, Dipl.Mus., M.C.S. (Master of Christian Studies-M.C.S. dari Institut Reformed, Jakarta)
6. Ev. Diana Ruth Winoto, S.Sn., M.Div. (Master of Divinity dari Institut Reformed, Jakarta)
7. Ev. Elsa Veralien Pardosi, S.S., B.C.M. (dosen musik di STTRII Jakarta ; Sarjana Sastra—S.S. dari Universitas Katolik Saint Thomas ; Bachelor of Church Music dari Singapore Bible College)
8. Ev. Ester L. Gunawan Nasrani, M.A., M.Mus.
9. Ev. Eunice Tong, M.Mus.
10. Ev. Hendra Wijaya, M.C.S. (hamba Tuhan di GRII Singapore ; Master of Christian Studies-M.C.S. dari Institut Reformed, Jakarta)
11. Ev. Ivan Kristiono, S.Sn., M.Div. (Master of Divinity dari Institut Reformed, Jakarta)
12. Jusniaty Chitra, Dipl.Mus.
13. Pdt. Liem Kok Han, S.Th. (gembala sidang GRII Kelapa Gading, Jakarta ; Sarjana Theologia dari Seminari Alkitab Asia Tenggara/SAAT Malang)
14. Lina Runtuwene.
15. Ev. Maria Q. Mazo, M.Div. (gembala sidang MRII Semarang ; Master of Divinity dari Asian Theological Seminary, Philippine)
16. Pdt. Michael Hsu, M.A. (gembala sidang GRII Mandarin dan PRII Mandarin Kelapa Gading, Jakarta ; Master of Arts in Mission dari Tao-Sheng Theological Seminary)
17. Renata Liem, Dipl.Mus.
18. Pdt. Romeo Q. Mazo, B.S.B.A., M.Div. (gembala sidang GRII Karawaci, Jakarta ; B.S.B.A. dari Divine Word College ; Master of Divinity dari Asian Theological Seminary)
19. Pdt. Rudie Gunawan, S.Th. (gembala sidang MRII Kuningan, Jakarta ; Sarjana Theologia dari Seminari Alkitab Asia Tenggara/SAAT Malang)
20. Stephen Cahyadi.
21. Sulfie Lalujawati.
22. Pdt. Sutjipto Subeno, S.Th., M.Div. (gembala sidang GRII Andhika, Surabaya ; S.Th. dan M.Div. dari STTRII, Jakarta)
23. Pdt. Tumpal Hutahaean, S.Th., M.A.E. (gembala sidang MRII Matraman, Jakarta ; S.Th. dari STTRII Jakarta ; Master of Arts in Evangelism dari Institut Injili Indonesia)
24. Ev. Yadi S. Lima, M.Div. (hamba Tuhan di GRII Pondok Indah, Jakarta ; Master of Divinity dari Institut Reformed, Jakarta)


Dosen Tamu :
1. Rev. Andrew McCafferty, Ph.D. (Master of Divinity dari Pittsburgh Theological Seminary, USA ; and Doctor of Philosophy dari University of Pittsburgh)
2. Pdt. Dr. Bambang Ruseno Utomo, M.A. (S.Th. dari Sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana ; Master of Arts—M.A. dari Islamic Study Center Selly Oak College (The University of Birmingham ; Doctor of Theology—Th.D. dari The South East Asia Graduate School of Theology)
3. Pdt. Budy Setiawan, S.Th. (gembala sidang MRII Melbourne, Australia ; Sarjana Theologia dari STTRII Jakarta)
4. Pdt. Effendi Susanto, S.Th. (gembala sidang GRII Sydney, Australia ; Sarjana Theologia dari Seminari Alkitab Asia Tenggara/SAAT Malang)
5. Rev. Eugene Hong, M.C.S., Ph.D. (mission associate of the Department of Chinese Studies di Regent College, dan sekarang beliau adalah pendeta di Faith Chinese Baptist Church of Vancouver, Canada ; Master of Christian Studies-M.C.S. dari Regent College, Canada, dan Ph.D. dalam bidang kimia dari University of Pennsylvania dan telah melakukan karya post-doktoralnya di University of British Columbia, Canada.)
6. Ev. Ferry Yang, M.A.Ed.Min., Ph.D.
7. Grace Sudargo Schreiber, Dipl.Mus.
8. Ev. Ina E. Mulyono Hidayat, M.T.S., M.Th. (Bachelor of Theology—B.Th. dari Institut Injil Indonesia, Batu ; Master of Theological Studies—M.T.S. dan Th.M. dari Calvin Theological Seminary, USA)
9. Ev. Inawaty Teddy, B.Comm., M.Div., M.Th. (Dekan Akademis STTRII Jakarta dan Majelis di GRII Pusat, Jakarta ; Master of Divinity dan Master of Theology dari Reformed Theological Seminary, USA)
10. Rev. Prof. Jason H. K. Yeung, D.Min., Ph.D. (Professor in theology and culture in China Graduate School of Theology, Hong Kong and Director of Chinese Culture Research Center ; B.A. dalam filsafat dari Chinese University of Hong Kong ; Master of Philosophy—M.Phil. dari King's College, University of London ; Doctor of Ministry—D.Min. dari Canadian Theological Seminary ; dan Ph.D. dalam theologia sistematika dari University of London)
11. Prof. Joseph T. Shao, Th.M., M.Phil., Ph.D. (Master of Divinity—M.Div. dari Asian Theological Seminary ; Master of Theology—Th.M. dari Trinity Evangelical Divinity School ; Master of Philosophy—M.Phil. dan Doctor of Philosophy—Ph.D. dari Hebrew Union College)
12. Pdt. Jusak Wijaja, S.E.Ak., M.B.A., M.Div. (gembala sidang MRII Perth, Australia ; Master of Divinity dari STTRII Jakarta)
13. Prof. Lee Ken Ang, M.A., Ph.D. (mantan Rektor Malaysia Bible Seminary ; M.A. dalam bidang Sosiologi dari Temple University ; Ph.D. dari Westminster Theological Seminary, USA)
14. Ev. Maria Lusiana S., M.K.
15. Pdt. Nico Ong, B.A., M.C.S., M.Div. (gembala sidang GRII Taipei, Mimbar Reformed Injili Indonesia (MRII) : Taichung, Guangzhou, Beijing, Shanghai, Xiamen dan Persekutuan Reformed Injili Indonesia (PRII) Hong Kong ; Bachelor of Arts—B.A. dari Tao Sheng Theological Seminary ; Master of Christian Studies—M.C.S. dari China Reformed Theological Seminary, Taipei ; dan M.Div. dari Institut Reformed, Jakarta)
16. Ev. Paul Santoso Hidayat, S.Th., M.Th. (Direktur Persekutuan Pembaca Alkitab—PPA ; Sarjana Theologia dari Seminari Alkitab Asia Tenggara/SAAT Malang ; Master of Theology—Th.M. dari Calvin Theological Seminary, Michigan, USA ; sedang studi Ph.D. di bidang Theologia Sistematika di Oxford Centre for Mission Studies, Inggris)
17. Prof. Peter Jones, Ph.D. (Executive Director of CWIPP and Scholar-in-Residence and Adjunct Professor at Westminster Seminary, California ; Master of Theology—Th.M. dari Harvard Divinity School ; dan Ph.D. dari Princeton Theological Seminary)
18. Prof. Richard B. Gaffin, Jr., Th.D. (Charles Krahe Professor of
Biblical and Systematic Theology di Westminster Theological Seminary in Philadelphia, Pennsylvania. ordained teaching elder in the Orthodox Presbyterian Church ; B.A. dari Calvin College (1958) ; Bachelor of DivinityB.D. (1961), Th.M. (1962), dan Doctor of TheologyTh.D. (1969) dari Westminster Theological Seminary, dand undertook graduate studies at Georg-August University of Göttingen (1962-1963).)
19. Prof. Samuel Ling, Ph.D. (Pendiri China Horizon Ministries ; Bachelor of Arts—B.A. dalam intellectual history dari University of Pennsylvania ; M.Div. dan M.Th. dari Westminster Theological Seminary ; dan Ph.D. dalam bidang sejarah dari Temple University.)
20. Prof. Samuel T. Logan, Jr., Ph.D. (President of Westminster Theological Seminary, USA ; B.A. dari Princeton University, 1965 ; M.Div. dari Westminster Theological Seminary, 1968 ; dan Ph.D. dari Emory University, 1972)
21. Prof. Stephen T. Chan, Ph.D. (Associate Professor of Theology and Religious Studies di Seattle University ; Bachelor of Divinity-B.D. dari The Chinese University of Hong Kong (1989) ; Master of Arts-M.A. (1990) dan Ph.D. (1998) dari The Divinity School, the University of Chicago, USA)

1 comment:

Thor, Si Pemimpi said...

Jadwal pendaftaran untuk tahun ajaran 2009/10 kok tidak ada? Mohon di update informasinya..

Soli Deo Gloria.