15 April 2007

Pdt. Yakub B. Susabda, Ph.D. (Rektor STTRII)

Pdt. Yakub B. Susabda, M.C.E., M.Th., Ph.D.

Pdt. Yakub B. Susabda, Ph.D. dilahirkan di Grabag, Magelang tahun 1946. Beliau mendapatkan gelar Sarjana Theologia (S.Th.)nya di Sekolah Tinggi Theologia (STT) Jakarta pada tahun 1971. Kemudian melayani sebagai pembantu pendeta dalam bidang PAK di GKI Panglima Polim, Kebayoran Baru, Jakarta (1971-1974). Setelah itu dengan beasiswa dari WARC (World Alliance of Reformed Churches), beliau melanjutkan studi dalam bidang Pastoral Counseling di Union Theological Seminary, Richmond, Virginia, USA. Kemudian studinya dilanjutkan di Reformed Theological Seminary di Jackson, Missisippi untuk gelar Master dalam Christian Education (1975-1977) dan Trinity Evangelical Divinity School di Deerfield, Illinois untuk gelar Master of Theology dalam Psychology dan Counseling (1977-1979). Pada tahun 1985-1987, beliau studi di BIOLA University untuk program Ph.D. (Doctor of Philosophy) Pada tahun 1988, beliau berhasil mempertahankan disertasi yang merupakan hasil dari suatu studi empiris dengan tema "The Relationship between Religiousity, the Male-Female Love Ralationship, and the Church Teaching Ministry among Evangelical Christians in California".

Beliau diteguhkan ke dalam jabatan pendeta (untuk mengajar di seminari) di First Presbitarian Church, Jackson, Missisippi pada tahun 1978 dan menjadi dosen di Seminari Alkitab Asia Tenggara, Malang (1979-1989). Bersama-sama dengan Pdt. Dr. Stephen Tong dan Pdt. Caleb Tong, beliau mendirikan Lembaga Reformed Injili Indonesia (1986). Buku-buku yang telah ditulisnya adalah Administrasi Gereja, Pastoral Konseling, Teologi Modern, Kaum Injili, Pengantar ke dalam Teologi Reformed dan buku-buku untuk pembinaan keluarga Kristen. Saat ini (sejak tahun 2006) beliau menjabat sebagai Rektor di Sekolah Tinggi Teologi Reformed Injili Indonesia (STTRII)

1 comment:

Unknown said...

Apakah Pdt. Yakub punya email yg bisa di hubungi? Sy senang mendengar ulasan-ulasan beliau di RPK FM tentang Kehidupan Keluarga Kristen. Sangat menguatkan dan inspiratif...
Tuhan Memberkati.